Rabu, 17 September 2014

Situbondo Kota SANTRI


Kabupaten Situbondo adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur Kota ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan.
Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif. Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.

A. Ciri Khas Situbondo
Memiliki julukan kota SANTRI yang berkepanjangan Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Rapi, dan Indah.


B.  Kebudayaan Situbondo
a.  Teater Rakyat Khas Situbondo
Pagelaran kesenian wayang topeng atau biasa dikenal dengan "kadar" . Kesenian tradisional ini Hanya tampil jika ada acara-acara hajatan perkawinan.




b. Makanan Khas Situbondo
Tajin Palappa itu sejenis bubur. Kalo dari arti sebenarnya, Tajin itu berarti bubur dan Palappa itu berarti Bumbu. Nah Tajin Palappa itu istilah dalam bahasa Madura. Karena mayoritas warga Situbondo adalah suku Madura, makanya bahasa yang digunakan di daerah kabupaten Situbondo adalah bahasa Madura. Tapi ada juga yang memakai bahasa Jawa, yah sekitar 20% warga Situbondo menggunakan bahasa Jawa.



c.  Tempat Wisata di Situbondo
1.   Pasir Putih
Pasir Putih adalah wisata alam perpaduan view antara wisata bahari/wisata pantai.




0 komentar:

Posting Komentar